Rabu, 27 Oktober 2010

SEJARAH SINGKAT NAMA PASUKAN INTI PUSPANEGARA

       Sebutan PASKINPARA ( Pasukan Inti Puspanegara ) dicetuskan pada awal tahun 1999, kl gak salah 17 Januari 1999. Mungkin ada pertanyaan " lha dulunya namanya apa? "

       Seperti yg dijelaskan diatas, Nama sebelum2nya adalah TONTI PUSPANEGARA ( tanpa disingkat jadi apa2 ), Jadinya di Pangkat Seragam tulisannya lengkap TONTI (bagian atas) PUSPANEGARA (bagian bawah), dan dibagian tengah pangkat bertuliskan SMA 5. Dengan mulainya era reformasi, kata Pleton Inti "diperbaiki" menjadi kata Pasukan Inti. Karena Tulisan Pasukan Inti belmu ada nama singkatan resmi seperti halnya TONTI maka kata tersebut tidak disingkat. Karena tidak disingkat menjadi masalah ketika pembuatan Pangkat Seragam, sehingga pangkat seragam pada jaman itu hanya bertuliskan PUSPANEGARA saja, tanpa ada kata TONTI maupun PASUKAN INTI. begitu juga dengan tulisan di seragam hanya menuliskan Puspanegara saja.

      Awal 1999, setelah memenangkan Lomba Tonti tingkat DIY, banyak usulan untuk membuat sebutan nama utk "PASUKAN INTI PUSPANEGARA", diantaranya PASTI PUSPANEGARA, PASINPARA, dan PASKINPARA ( 3 nama terbaik hasil dari sortiran pilihan terbanyak ). Akhirnya kata PASKINPARA terpilih sebagai sebutan/singkatan dari PASUKAN INTI PUSPANEGARA.(Ahmad Ardian)

2 komentar:

  1. Formasi hormat puspa gimana nasibnya....?

    BalasHapus
  2. Ini blognya anak SMAN 5 Yogya ya?
    salam kenal, gue juga blogger dari MACHE nih.
    kunjungi balik blogku ya,
    makasih

    BalasHapus